Langkah Cerdas Dalam Membuat Perencanaan Keuangan

Membuat perencanaan dalam berbagai hal adalah sebuah keniscayaan, tidak terkecuali dalam hal keuangan. Perencanaan keuangan dibutuhkan untuk melakuk

Berbagai Macam Furniture Unik dari Snapy
Tips Sederhana untuk Meraih Kesuksesan
Peluang Usaha Menjual Boneka Barbie

Membuat perencanaan dalam berbagai hal adalah sebuah keniscayaan, tidak terkecuali dalam hal keuangan. Perencanaan keuangan dibutuhkan untuk melakukan pengaturan dan pengendalian keuangan yang keluarga anda miliki agar digunakan secara proporsional secara efektif dan efisien. Perencanaan keuangan dibuat agar uang yang anda miliki saat ini bisa tepat guna untuk membiayai berbagai kebutuhan hidup yang sesuai dengan prioritas anda. Apalagi ketika penghasilan anda saat ini sangat pas – pasan, maka membuat rencana keuangan tersebut akan menjadi wajib sifatnya agar keuangan anda bisa mengcover berbagai kebutuhan hidup anda dan keluarga kapan saja dan dimana saja.

Saat anda akan membuat sebuah perencanaan keuangan keluarga yang efektif, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan agar perencanaan tersebut sesuai dengan yang kita inginkan. Adapun beberapa hal tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Catat Setiap Pengeluaran. Mulailah dengan mencatat pengeluaran sesuai pembagian pos masing-masing dengan begitu Anda bisa mengenali habit diri Anda sendiri yang tentunya bisa mempengaruhi perencanaan keuangan yang lebih baik.
  2. Menabung di Awal. Setelah mencatat pengeluaran, jangan lupa juga untuk menyisihkan gaji di awal untuk ditabung. Sisihkanlah gaji Anda sekitar 10%-30% untuk rencana yang sudah Anda siapkan sebelumnya. Dengan menyisihkan gaji di awal bulan atau saat begitu Anda menerima gaji, Anda akan terhindar dari tabungan yang terpakai tanpa diduga.
  3. Aplikasi perbankan Jenius dari BTPN memiliki fitur bernama Dream Saver yang secara otomatis akan menyisihkan uang Anda per hari untuk perencanaan keuangan yang ingin Anda capai. Ibarat tabungan dalam tabungan, fitur ini akan menyimpan dan menjaga uang Anda dari kemungkinan terpakai tanpa disengaja karena transaksi, pembayaran, atau tarikan tunai ATM. 
  4. Manajemen Utang. Untuk bisa mengatur keuangan dengan baik, pastikan Anda terbebas dari utang, terutama utang konsumtif yang biasanya berasal dari gaya hidup. Pastikan Anda juga selalu mencatat cicilan atau utang yang sedang berjalan.
  5. Kendalikan Kartu Debit. Terkadang saat berbelanja, Anda terbiasa berbelanja dengan menggesek kartu hingga tanpa disadari ternyata saldo semakin menipis. Kendalikan penggunaan kartu kredit Anda. Aplikasi Jenius memungkinkan Anda untuk mengatur limit transaksi dengan kartu maupun limit tarikan tunai ATM yang bisa diatur langsung di dalam menu Card Center. Dengan begini, pembelanjaan yang sering tidak disadari bisa Anda batasi.