Hal Positif Saat Anda Melakukan Transaksi Non Tunai

Hal Positif Saat Anda Melakukan Transaksi Non Tunai

Perkembangan teknologi masa kini yang begitu besar, mau tidak mau akan membuat gaya hidup seseorang berubah. Banyak hal tanpa terasa, telah membuat ki

Liburan Menjadi Kompak dengan Percetakan Kain Snapy
Pilih dengan Tepat jika Ganti Oli Mobil
Dua Android Smartfren Terbaik Dibawah 1,5 Juta

Perkembangan teknologi masa kini yang begitu besar, mau tidak mau akan membuat gaya hidup seseorang berubah. Banyak hal tanpa terasa, telah membuat kita bertindak seperti yang dulu kita lakukan. Contoh yang bisa temukan setiap hari saja adalah dalam bidang komunikasi. Dengan perkembangan teknologi masa kini, melakukan sebuah komunikasi menjadi hal mudah, cepat dan tidak memakan waktu. Kalau dulu untuk bertukar kabar, manusia saling mengirim surat dan mesti menunggu hingga beberapa hari atau minggu, maka dengan teknologi semuanya bisa terhubung hanya dengan sekejap mata.

Hal lain yang mendapatkan dampak yang begitu besar dari sebuah perkembangan teknologi adalah transaksi keuangan. Untuk setiap transaksi, dulu kita hanya menggunakan uang tunai atau cash. Tetapi sekarang, semua bisa terjadi tanpa harus bertatap muka dan juga dilakukan secara non tunai. Penggunaan transaksi elektronik sudah dikenal sedemikian, oleh banyak kalangan. Penggunaan e-banking dan juga m-banking, tidak hanya menjanjikan kemudahan, namun juga praktis dan bisa dilakukan dimana saja.

Ada beberapa hal positif dari bertransaksi tanpa uang tunai ini, yaitu:

Menghemat biaya cetak uang

Dalam mendistribusikan uang yang telah dicetak oleh pemerintah, ternyata membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Tahun 2017 saja, Bank Indonesia menyatakan, biaya cetak dan pendistribusian uang ke seluruh Indonesia mengeluarkan dana Rp. 16 triliun. Maka, dengan menggunakan uang non tunai, dana cetak dan pendistribusian ini, bisa dialihkan ke sektor lain yang lebih membutuhkan.

Transaksi keuangan lebih terkontrol

Untuk setiap transaksi yang kita lakukan secara elektronik, ada data transaksi yang mendokumentasikan setiap pengeluaran dan pemasukan yang kita miliki. Dari sini kita dapat mengatur keuangan kita dengan baik dan mengontrolnya.

Lebih mudah dan praktis

Melakukan transaksi keuangan elektronik bisa dilakukan dimana saja, tanpa harus membuat Anda membuang waktu dan tenaga. Berbekal kemajuan teknologi informasi juga, sekarang transaksi tersebut bisa Anda lakukan hanya dengan berbekal smartphone saja.

Melakukan transkasi secara non tunai memang tidak menjamin keamanan 100 persen. Karena semakin maju teknologi masa kini, semakin banyak juga cara yang ditemukan oleh para manusia yang tidak bertanggung jawab melakukan kejahatan. Namun jangan khawatir, selama mengikuti petunjuk keamanan bertransaksi, hal-hal yang tidak diinginkan bisa dihindari. Semoga bermanfaat.