E-Learning Bagian Perkembangan Teknologi Internet

E-Learning Bagian Perkembangan Teknologi Internet

Perkembangan teknologi Internet- Media pembelajaran yang digunakan sebagai pendukung metode penyampaian guru dalam mengajar tidak cukup dengan media s

Gadget Android Menjadi Peluang Besar
Gadget Yang Membantu Bisnis Dan Usaha Anda
4 Tips Menjaga Daya Tahan Baterai Smartphone

Perkembangan teknologi Internet- Media pembelajaran yang digunakan sebagai pendukung metode penyampaian guru dalam mengajar tidak cukup dengan media seperti papan tulis dan spidol. Bisa saja media menggunakan kertas atau gambar yang dikreasikan menjadi bentuk- bentuk tertentu dapat menambah biaya, mengurangi waktu guru. Artinya, media yang seperti itu membutuhkan waktu dan tenaga untuk membuatnya. Maka, dibutuhkan pengganti medianya jika memang dibutuhkan, tetapi bukan suatu keharusan dalam penerapannya dalam pengajaran guru. Media pengganti dapat berupa internet.

E-Learning merupakan sistem pembelajaran melalui media internet dalam rangka pemanfaatan perkembangan teknologi internet. Sistem pendidikan ini melibatkan sarana yang cukup mendukung dengan adanya penyediaan komputer. Jadi, tidak kesemuanya memang sekolah mampu menerapkan secara khusus sebagai sistem pembelajaran yang dicirikhaskan. Lebih sering sebagai tambahan saja atau digunakan pada saat- saat mata pelajaran tertentu dan waktu tertentu. Saat ujian tengah semester dan akhir semester, serta saat ujian nasional.

Beberapa manfaat yang bisa didapatkan melalui pembelajaran e-learning:

  1. Fleksibel. Penggunaannya tidak terikat pada waktu dan tempat. Sebetulnya, kapapun bisa digunakan.
  2. Mengasah kemandirian. Selain belajar dibimbing oleh guru, secara mandiri pelajar dapat belajar individual melalui internet. Sebelum nanti tetaplah perlu adanya pelurusan dari seorang guru. Supaya tidak terjadi salah penangkapan pemahaman dalam belajar. Sebab, sebaik- baik pembelajaran tetap bersumber dari guru yang telah memiliki banyak pengalaman.
  3. Efisiensi biaya. Biaya yang dikeluarkan lebih irit. Tetapi, dalam hal ini tergantung pada seberapa besar kemampuan administrasi penyelenggara pendidikannya. Bila secara mandiri, bisa dikatakan lebih irit dengan modal kuota yang murah setiap bulannya. Misalnya, jika pelajar membutuhkan e- book, pelajar hanya tinggal mendownloadnya tanpa perlu membeli buku jika ingin memiliki buku yang dibutuhkan.

Akan tetapi, penggunaan e-learning sebagai perkembangan teknologi internet memiliki kelemahan diantaranya, jika penggunaan e-learning seperti pada kampus yang menerapkan sistem pendidikan tanpa tatap muka, maka ini akan mengurangi interaksi antara guru dan murid. Kemudian tidak semuanya tempat ada fasilitas internet, dan hilangnya peran mengajar guru yang sesungguhnya.